Logo Bloomberg Technoz

Dugaan Pencatutan NIK KTP

Anies Baswedan s.d. Menkominfo Komentar NIK Warga yang Dicatut

Redaksi
17 August 2024 04:30

Dugaan pencatutan NIK KTP anak dari Anies Baswedan. (Dok: X/Anies Baswedan)
Dugaan pencatutan NIK KTP anak dari Anies Baswedan. (Dok: X/Anies Baswedan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Data Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP warga Jakarta diduga dicatut untuk mendukung calon kepala daerah. Sejumlah pihak berkomentar, termasuk Anies Baswedan, mantan Gubernur Jakarta yang belum dipastikan apakah akapan kembali ikut kontestasi di Pilkada Jakarta.

Meski NIK miliknya aman namun kedua anak, adik, dan beberapa orang yang bekerja dengan Anies, masuk dalam kelompok pendukung calon independen kepala daerah Jakarta.

Unggahan Anies  di media sosial melampirkan tangkapan layar dari kedua anaknya. Tertulis  ‘Mendukung Bakal Pasangan Calon Kepala Daerah Perseorangan yang Didukung’ satu pasang calon; Komjen Pol (Purn) Dr. (H.C) Drs. Dharma Pengrekun, M.M, M.H, Dr. Ir. R. Kun Wardana Abyoto, M.T.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi juga memberi pernyataan singkat terkait kabar pencatutan NIK yang mengarah kepada dugaan pelanggaran UU Perlindungan Data Pribadi (PDP).

“Pokoknya selama sesuai perundang-undangan yang berlaku di sistem pemilu yang ada, ya silakan aja kan,” ucap Budi di Senayan, Jumat (16/8/2024).