Logo Bloomberg Technoz

Anggaran IKN 2025 Cuma Rp137 Miliar, Ini Penjelasan Sri Mulyani

Pramesti Regita Cindy
16 August 2024 21:00

Proyek Infrastruktur. (Dok: Bloomberg)
Proyek Infrastruktur. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menuturkan ada opsi untuk menambah alokasi anggaran di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, terutama untuk pengembangan infrastruktur demi mendorong investasi. 

Hal ini menyusul rendahnya anggaran pengembangan kawasan strategis IKN pada 2025 yang hanya Rp137,1 miliar. Sementara itu, program dukungan manajemen IKN pada 2025 dialokasikan sebesar Rp368,4 miliar.

Menurut dia, pemerintah telah memberikan ruang kepada Presiden Terpilih Prabowo Subianto untuk menentukan prioritasnya pembangunan ke depannya, termasuk mengenai alokasi anggaran tambahan yang mungkin diperlukan untuk infrastruktur yang penting dalam menarik investasi. 

"Saya sampaikan ini semua baseline, dan ini diberikan otoritas kepada presiden terpilih, menentukan sesuai priotas, dan beliau dengan kabinet [terpilihnya] akan bahas dan sampaikan. Jadi amplop besarnya sudah ada, dan nanti kemudian speifikasi," ungkap Sri Mulyani dalam konferensi pers RAPBN 2025, di Jakarta, Jumat (16/8/2024). 

"[tapi] Overall dari APBN ini, pemerintah tetap bisa jalan, tapi itu domain dari pemerintahan yang baru," tegasnya.