Logo Bloomberg Technoz

"Pada 2012 Itu kejadian udah ngebor besar itu Habis US$2,5 amiliar itu dry hole. Dari situ, sudah mulai ketemu sumber-sumber baru. Jadi mereka pada pindah," tutur dia.

Untuk menghindari hal itu, ke depan, Arifin pun memastikan, pemerintah terus memperbaiki kebijakan fiskal dan regulasi yang fleksibel untuk meningkatkan investasi sektor hulu migas ke depan.

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan sebelumnya mengatakan, terdapat sesuatu hal yang salah dari kebijakan fiskal Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati terkait dengan industri hulu minyak dan gas bumi (migas).

Tanpa mengelaborasi secara spesifik kebijakan fiskal yang dimaksud, Luhut mengeklaim aturan fiskal untuk industri migas menyebabkan Indonesia hanya mendapatkan investasi yang sedikit dalam sektor tersebut.

Saya sampaikan ke Menteri Keuangan [Sri Mulyani], ada yang salah dengan kalian, 30 tahun tanpa investasi, mungkin ada yang salah dengan kebijakan. Kita harus ganti atau perbaiki kebijakan, harmonisasi peraturan,” ujar Luhut disela acara Supply Chain & National Capacity Summit 2024, di JCC, Jakarta Pusat, Rabu (14/8/2024).

Adapun, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) melaporkan realisasi investasi hulu migas semester I-2024 sebesar US$5,6 miliar.

Angka tersebut cukup jauh di bawah target semester I-2024 U yang sebesar US$7,43 miliar. Capain itu juga masih sekitar 68% dari target sepanjang tahun ini yang sebesar US$17,7 miliar.

(ibn/wdh)

No more pages