Logo Bloomberg Technoz

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Hilirisasi Investasi Strategis Kementerian Investasi/BKPM Heldy Satrya Putera kembali menegaskan pembicaraan untuk pengembangan hilirisasi di Indonesia tidak hanya dilakukan dengan BASF.  

“Bukan cuma untuk BASF, artinya untuk seluruh yang sekarang sudah masuk hilirisasi, kita akan dorong mereka untuk ke produk-produk tier berikutnya,” ujarnya.

Adapun, Kementerian Investasi/BKPM mengungkapkan target investasi pada 2025 dipatok mencapai Rp1.900 triliun, seiring dengan asumsi makro dalam RAPBN tahun depan yang membidik pertumbuhan ekonomi di level 5,2%.

“Target investasi ke depan lebih kurang Rp1.900 triliun, naik dari tahun ini kan Rp1.650 triliun,” ujarnya .

Pemerintah akan memfokuskan strategi untuk mengejar target investasi tahun depan dengan memperbanyak kegiatan yang dapat menarik investor ke industri bernilai tambah atau proyek-proyek hilirisasi.

BKPM, lanjutnya, juga akan memetakan proyek-proyek atau sektor-sektor lain yang memiliki prospek positif ke depannya.

“Hilirisasi, ini kita lebih turun lagi ke bawah. Kalau kemarin kan hilirisasi untuk produk-produk yang 1 step, 2 step; sekarang kita lebih dalami lagi struktur industrinya. Contohnya untuk ke depan kita mau kembangkan bagaimana kita menurunkan ekstraksi dari sumber daya alam [SDA] menjadi produk jadi,” terangnya.

(dov/wdh)

No more pages