Logo Bloomberg Technoz

Pengangguran Kaum Muda China Naik Pertama Kalinya Sejak Februari

News
16 August 2024 18:20

Ekonomi riteldi China./Bloomberg-Chan Long Hei
Ekonomi riteldi China./Bloomberg-Chan Long Hei

Josh Xiao - Bloomberg News

Bloomberg, Tingkat pengangguran kaum muda China naik untuk pertama kalinya dalam lima bulan terakhir karena masuknya lulusan baru ke pasar tenaga kerja di saat ekonomi sedang berjuang untuk menemukan pijakan yang kuat.

Pengangguran di antara orang-orang berusia 16 hingga 24 tahun naik menjadi 17,1% di Juli, menurut data yang dirilis pada Jumat (16/8/2024) oleh Biro Statistik Nasional. Angka-angka ini muncul ketika indikator-indikator ekonomi lainnya menunjukkan pemulihan yang lamban, dengan bisnis-bisnis yang semakin pesimis dan konsumen yang masih berhati-hati dalam berbelanja.

Biro statistik mengaitkan kenaikan angka pengangguran dengan musim kelulusan, yang diperkirakan akan ada sekitar 11,8 juta lulusan yang memasuki pasar kerja tahun ini, naik 2% dari tahun lalu.

Pengangguran kaum muda China. (Dok: Bloomberg)

Beijing berhenti mempublikasikan data pengangguran kaum muda pada musim panas lalu setelah angkanya mencapai rekor tertinggi 21,3%. Para pejabat melanjutkan rilis data ini di bulan Januari dengan metodologi baru yang mengecualikan para pelajar, dan mengatakan bahwa data ini lebih akurat merefleksikan ukuran angkatan kerja.