Logo Bloomberg Technoz

RAPBN 2025: Suharso Pastikan Gaji PNS Naik, Tapi Bertahap

Dovana Hasiana
16 August 2024 18:00

Ilustrasi PNS. (Dok. jakarta.go.id)
Ilustrasi PNS. (Dok. jakarta.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa memastikan pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Presiden Terpilih Prabowo Subianto akan menaikkan gaji aparatur sipil negara (ASN), termasuk gaji PNS pada 2025.

Kenaikan gaji PNS terutama ditujukan untuk guru, dosen, tenaga kesehatan dan penyuluh, serta TNI/POLRI secara bertahap.

"Hal ini tercantum dalam rencana kerja pemerintah 2025 yang telah padu padan dengan program hasil terbaik cepat yang dikenalkan oleh presiden dan wakil presiden terpilih," ujar Suharso dalam Konferensi Pers RUU APBN 2025 dan Nota Keuangan 2025, Jumat (16/8/2024).

Selain kenaikan gaji PNS, terdapat pula sejumlah program prioritas pemerintahan baru pada tahun depan. Pertama, program makan bergizi gratis di sekolah meliputi 15,42 juta jiwa di 514 kabupaten/kota. Kedua, mencetak dan meningkatkan produktivitas lahan pertanian daerah dan nasional dengan luas 50 ribu - 80 ribu hektar.

Ketiga, menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis dan menuntaskan kasus TBC. Keempat, membangun rumah sakit lengkap dan berkualitas di kabupaten/kota. Kelima, membangun empat SMA unggulan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Utara, dan Maluku Utara.