Logo Bloomberg Technoz

Munas Golkar Disebut Akan Aklamasi Bahlil Lahadalia jadi Ketum

Mis Fransiska Dewi
16 August 2024 16:50

Ilustrasi Bahlil Lahadalia (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Bahlil Lahadalia (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Musyawarah Nasional Partai Golkar disebut akan menyuguhkan pemilihan ketua umum yang baru secara aklamasi. Sosok yang dikabarkan akan menggantikan Airlangga Hartarto adalah Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

"Sejauh ini iya. Iya itu [Bahlil calon tunggal]," kata Ketua DPP Partai Golkar, Nusron Wahid di Kompleks DPR, Jumat (16/8/2024).

Dia mengklaim tak mengetahui detil tentang rencana pelaksanaan munas pada 20 Agustus mendatang. Menurut dia, pelaksana tugas Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita sudah menyiapkan tim untuk agenda rapimnas dan pemilihan ketum definitif.

Meski demikian, dia mengatakan, hanya ada satu nama yang saat ini mendapat dukungan nyaris dari seluruh unsur Partai Golkar. Hal ini merujuk pada potensi tak majunya Agus Gumiwang dan Bambang Soesatyo pada pemilihan kali ini.

Nusron juga membantah rencana aklamasi Bahlil adalah arahan atau cawe-cawe Presiden Joko Widodo di internal Partai Golkar. Menurut dia, usulan dan persetujuan terhadap Bahlil didasarkan pada ketentuan yang ada pada partai berlambang pohon beringin tersebut.