Logo Bloomberg Technoz

Ciri-ciri Cacar Monyet [Mpox] yang Perlu Diketahui

Redaksi
16 August 2024 16:10

Seorang pekerja laboratorium medis memegang botol darah untuk menguji virus cacar monyet. (Envato/BLACKDAY)
Seorang pekerja laboratorium medis memegang botol darah untuk menguji virus cacar monyet. (Envato/BLACKDAY)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Cacar monyet (Mpox) sedang marak terjadi di Kongo bahkan sudah menyebar ke beberapa negara Eropa. Hal tersebut membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan keadaan darurat kesehatan global.

Lalu seperti apa ciri-ciri penderita cacar monyet?

Menurut spesialis Dermato Venereologi dan Estetika, RSPI Sulianti Saroso, Dr. Ni Luh Putu Pitawati, Mpox (cacar monyet) perkembangan ruamnya terdiri dari makula, papula, vesikel, pustula/pseudopustul, krusta. 

Jenis ruam sama pada setiap fase di semua area tubuh. Kalau cacar air penampakan ruamnya makula, papula, vesikel. ada di berbagai fase. Sedangkan Campak ruam non vesikel pada berbagai fase.

Ni Luh mengatakan untuk perkembangan ruam pada Mpox terjadi sangat lambat bisa mencapai 3-4 minggu. “Distribusi ruam Mpox dimulai dari kepala, lebih pada di wajah dan anggota badan, muncul di telapak tangan dan telapak kaki,”ujar Ni Luh saat paparan di acara IDI.

Penularannya

Dr. Ni Luh mengatakan penularan cacar monyet terjadi karena kontak langsung dengan hewan atau manusia yang terinfeksi, melalui benda yang terkontaminasi oleh virus tersebut.