Logo Bloomberg Technoz

Poin-poin BMKG Terkait Ancama Gempa Megathrust di RI

Dinda Decembria
16 August 2024 16:00

Ilustrasi Gempa (Envato/photovs)
Ilustrasi Gempa (Envato/photovs)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan terkait gempa megathrust. Berikut poin-poin penting yang perlu diketahui.

Tidak dalam waktu dekat dan Minta Masyarakat Tenang

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Dr. Daryono mengatakan sebenarnya hal itu bukanlah hal baru, sudah lama, bahkan sudah ada sejak sebelum terjadi Gempa dan Tsunami Aceh 2024. 

Sekali lagi, ia menegaskan bahwa informasi potensi gempa megathrust yang berkembang saat ini sama sekali bukanlah prediksi atau peringatan dini, sehingga jangan dimaknai secara keliru, seolah akan terjadi dalam waktu dekat. 

"Untuk itu, kepada masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan beraktivitas normal seperti biasa, seperti melaut, berdagang, dan berwisata di pantai. BMKG selalu siap memberikan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami dengan cepat dan akurat," kata Daryono dalam keterangan rilis yang diterima Bloomberg Technoz, Kamis (15/8).

"Munculnya kembali pembahasan potensi gempa di zona megathrust saat ini bukanlah bentuk peringatan dini (warning) yang seolah-olah dalam waktu dekat akan segera terjadi gempa besar. Tidak demikian." tambahnya.

Mengenal Gempa Megathrust yang Diprediksi Terjadi di Indonesia (Bloomberg Technoz/Asfahan)

Lokasi Gempa