Logo Bloomberg Technoz

Garuda Indonesia (GIAA) Angkat Orang Dekat Prabowo Jadi Komisaris

Sultan Ibnu Affan
16 August 2024 14:40

Ilustrasi Garuda Indonesia dan Citilink. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Garuda Indonesia dan Citilink. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - BUMN Penerbangan PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) resmi mengangkat Purnawirawan TNI sekaligus Politikus Partai Gerindra Glenny Kairupan sebagai komisaris. Pengangkatan tersebut dilakukan melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Kamis (15/8/2024) kemarin.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, pengangkatan Glenny tersebut merupakan penambahan jajaran komisaris dalam susunan kepengurusan perseroan.

"Dengan pengangkatan itu, dia berharap dapat semakin memperkuat akselerasi kinerja perseroan untuk mendorong Garuda Indonesia sebagai entitas bisnis yang sehat dan profitable," ujar Irfan dalam siaran resminya.

Glenny sendiri merupakan sosok yang terbilang dekat dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto, dan kini menjabat sebagai anggota Dewan Pembina Partai Gerindra. Dia juga seangkatan dengan Prabowo Subianto di Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI), Magelang, pada 1970 silam.

Selain itu, Pria kelahiran 1949 tersebut juga pernah menjadi Direktur Penggalangan Badan Pemenang Nasional Prabowo dan Sandiaga Uno pada Pemilihan Presiden 2019 - 2024 lalu. Dia juga pernah menjabat sebagai komisaris di PT Teknologi Militer Indonesia (TMI), sebuah perusahaan besutan Kementerian Pertahanan.