Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Sebut Makan Gratis Hingga Renovasi Sekolah di RAPBN 2025

Redaksi
16 August 2024 14:28

Presiden RI Joko Widodo dalam rapat Penyampaian RUU APBN 2025 dan Nota Keuangan di DPR. Jumat (16/8/2024). (Youtube Setpres)
Presiden RI Joko Widodo dalam rapat Penyampaian RUU APBN 2025 dan Nota Keuangan di DPR. Jumat (16/8/2024). (Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo menegaskan APBN 2025 dirancang untuk menjaga stabilitas, inklusivitas, dan keberlanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan pertumbuhan. 

Strategi jangka pendek yang dilakukan pada 2025 salah satunya makan bergizi gratis, atau yang biasa dikenal dengan program makan siang gratis.

"Pertama, Makan Bergizi Gratis (MBG) diarahkan untuk meningkatkan gizi anak sekaligus memberdayakan UMKM, dan meningkatkan ekonomi masyarakat kecil di daerah," ujar Jokowi dalam pidato Nota Keuangan APBN 2025 di DPR, Jumat (16/8/2024).

Selain itu Jokowi menekankan pentingnya terus melanjutkan reformasi struktural, menjaga kebijakan fiskal yang sehat dan kredibel, dan meningkatkan kolaborasi kebijakan fiskal, moneter, dan keuangan. 

"Desain belanja dan pendapatan serta pembiayaan perlu dirancang fleksibel, dengan menyediakan ruang fiskal untuk mengantisipasi
ketidakpastian, serta mendukung keberlanjutan pembangunan dalam transisi peralihan pemerintahan," tegas Jokowi.