Logo Bloomberg Technoz

Jelang Pidato Jokowi Soal RAPBN 2025, Puan Maharani Bilang Begini

Muhammad Fikri
16 August 2024 14:05

Ketua DPR RI, Puan Maharani saat pidato dalam rapat Penyampaian RUU APBN 2025 dan Nota Keuangan di DPR. Jumat (16/8/2024). (Youtube Setpres)
Ketua DPR RI, Puan Maharani saat pidato dalam rapat Penyampaian RUU APBN 2025 dan Nota Keuangan di DPR. Jumat (16/8/2024). (Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua DPR Puan Maharani menegaskan bahwa APBN adalah uang rakyat. Oleh karena itu, harus dimanfaatkan untuk sebesar-besarnya kepentingan rakyat.

"Dana APBN berasal dari uang rakyat, oleh karena itu Belanja Negara, harus lebih banyak dialokasikan dan efektif dalam memudahkan rakyat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan, pendidikan; memperoleh pemberdayaan ekonomi, membangun sarana dan prasarana dalam mendukung kegiatan ekonomi rakyat, dan lain sebagainya yang pada pokoknya adalah penerima manfaat belanja negara adalah rakyat," tegas Puan dalam pidato pembukaan Masa Sidang I Masa Sidang 2024-2025 di Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Setelah Puan membacakan pidato ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan RAPBN 2025 beserta Nota Keuangannya.

Pemerintah, lanjut Puan, harus dapat memiliki indikator yang terukur dari seluruh alokasi anggaran program di setiap kementerian dan lembaga, yang menunjukan bahwa belanja negara memenuhi kriteria belanja yang berkualitas. Bukannya hanya sekedar lebih baik belanja.

"Pemerintah harus menyelesaikan berbagai persoalan struktural, agar target pertumbuhan ekonomi yang lebih besar, agar Indonesia bisa keluar dari middle income trap," tegasnya.