Logo Bloomberg Technoz

Puan: RI Sukes Infrastruktur, tapi Kurang Bangun Karakter Bangsa

Muhammad Fikri
16 August 2024 14:04

Ketua DPR RI, Puan Maharani saat pidato dalam rapat Penyampaian RUU APBN 2025 dan Nota Keuangan di DPR. Jumat (16/8/2024). (Youtube Setpres)
Ketua DPR RI, Puan Maharani saat pidato dalam rapat Penyampaian RUU APBN 2025 dan Nota Keuangan di DPR. Jumat (16/8/2024). (Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia Puan Maharani mengatakan Indonesia mengatasi banyak tantangan pembangunan, khususnya pembangunan infrastruktur. Namun saat menyampaikan pidato di Sidang Paripurna ke-1 tahun sidang 2024-2025, Puan menyebutkan Indonesia kurang merawat pembangunan karakter bangsa. 

"Akan tetapi, di tengah semaraknya pembangunan lahiriah ini, kita justru kurang merawat pembangunan karakter bangsa. Pembangunan karakter bangsa yang memiliki integritas dan etos kerja belum dirasakan dalam keseharian hidup berbangsa dan bernegara," kata Puan di Gedung DPR, Jumat (16/8/2024). 

Puan menilai belum dirasakan adanya perubahan cara pikir, cara kerja dan cara hidup yang dapat mempercepat kemajuan Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Puan juga mengatakan, dalam lima tahun terakhir semasa dirinya menjadi Ketua DPR, Indonesia menghadapi terpaan badai gelombang dimana pasang surut yang tidak pernah berhenti.

"Dimulai dari Pandemi Covid 19, konflik geopolitik regional antar negara, ketegangan geopolitik yang meluas hingga ke Timur Tengah, krisis pangan, krisis energi global, serta gejolak ekonomi global," katanya.