Logo Bloomberg Technoz

Harapan Sektor Migas Saat HUT Ke-79 RI: Pertamina Harus Berbenah

Dovana Hasiana
16 August 2024 14:50

Dok: Pertamina
Dok: Pertamina

Bloomberg Technoz, Jakarta Ketua Komite Investasi Asosiasi Perusahaan Minyak dan Gas Nasional (Aspermigas) Moshe Rizal menilai PT Pertamina (Persero) dan pemerintah harus melakukan reformasi pada sektor minyak dan gas (migas) di Tanah Air, khususnya di tengah momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Indonesia.

Moshe menila Pertamina, sebagai perusahaan yang memegang produksi minyak sebesar 70% dan gas 30% secara nasional, harus melakukan pembenahan untuk menggandeng mitra. 

Menurutnya, Pertamina membutuhkan mitra untuk membantu dari sisi kapital hingga teknologi untuk menggarap potensi migas di Indonesia.

“Setiap pengelolaan migas di Indonesia maupun di luar negeri memang harus ada partner, karena tidak bisa sendiri, ini terlalu besar untuk Pertamina,” ujar Moshe kepada Bloomberg Technoz, Jumat (16/8/2024).

Dok: Pertamina

Dalam kaitan itu, Pertamina bisa mengembalikan lapangan-lapangan kecil dan yang tidak digarap kepada pemerintah. Kemudian, pemerintah bisa menawarkan lapangan tersebut sebagai kontrak production sharing contract (PSC).