Logo Bloomberg Technoz

Ekonomi Malaysia Alami Kejutan, Pertumbuhan Dekati 5% di 2024

News
16 August 2024 14:30

Ekonomi Malaysia. (Dok: Bloomberg)
Ekonomi Malaysia. (Dok: Bloomberg)

Anisah Shukry - Bloomberg News

Bloomberg, Malaysia mengantisipasi bahwa pertumbuhan akan meningkat menuju 5% tahun ini, batas atas proyeksi, karena belanja konsumen dan ekspor memacu ekonomi lebih cepat dari yang diperkirakan pada kuartal kedua.

Produk domestik bruto (PDB) naik 5,9% pada periode April-Juni dari tahun sebelumnya, demikian yang dilaporkan oleh bank sentral dan departemen statistik pada Jumat (16/8/2024). Hal ini dibandingkan dengan pembacaan awal sebesar 5,8%. Secara berurutan, ekonomi berekspansi 2,9% dari tiga bulan sebelumnya.

Perekonomian akan berekspansi pada kisaran yang lebih tinggi dari perkiraan bank sentral yaitu 4% sampai 5% tahun ini, Gubernur Bank Negara Malaysia Abdul Rasheed Ghaffour mengatakan pada pengarahan di Kuala Lumpur pada Jumat.

Ini adalah kedua kalinya tahun ini hasil akhir melebihi perkiraan sebelumnya, dan menunjukkan rebound yang lebih kuat dari yang diperkirakan untuk negara Asia Tenggara setelah pertumbuhan melambat menjadi 3,6% karena permintaan global yang lemah pada tahun 2023.