Logo Bloomberg Technoz

Badai PHK di RI Sulit Direm, Menaker Upayakan Strategi Ini

Dovana Hasiana
16 August 2024 14:20

Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah. (Dok. Humas Kemnaker)
Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah. (Dok. Humas Kemnaker)

Bloomberg Technoz, Jakarta Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyebut kementeriannya masih terus berupaya memediasi perselisihan hubungan industrial (PHI) guna mengerem laju pemutusan hubungan kerja (PHK) yang makin tinggi belakangan ini.

Ida menegaskan kepada para pengusaha untuk menempuh kebijakan PHK sebagai jalan terakhir dalam mengatasi krisis. Jika PHK harus ditempuh pun, pengusaha harus memastikan jaminan kehilangan pekerjaan diberikan kepada pekerja terdampak.

“Hak mereka, hak yang menjadi hak mereka harus diberikan.Kemudian kesempatan kerja baru harus dibuka yang seluas-luasnya,” ujarnya ditemui usai agenda Sidang Tahunan DPR/MPR di kompleks parlemen, Jumat (16/8/2024).

Guna menghindari berlanjutnya badai PHK, Ida mengatakan Kemenaker berupaya membangun kesepahaman antara pekerja dengan pengusah.

“Itu, kalau pemerintah selalu memanggil para pihak, jika ada perusahaan yang akan melakukan PHK, kita biasanya panggil untuk kita mediasi, untuk kita lakukan dialog yang difasilitasi dijembatani oleh pemerintah,” katanya.