Logo Bloomberg Technoz

Menaker Pastikan UMP 2025 Bakal Diketok oleh Pemerintahan Prabowo

Dovana Hasiana
16 August 2024 14:00

Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah (Dok. Tangkapan Layar Youtube Kemenaker)
Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah (Dok. Tangkapan Layar Youtube Kemenaker)

Bloomberg Technoz, Jakarta Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah memastikan pembahasan soal upah minimum provinsi (UMP) 2025 akan dilakukan oleh pemerintah selanjutnya, yang dipimpin oleh presiden terpilih Prabowo Subianto.

“UMP akan dibahas nanti, mungkin tidak masa pemerintahan saya ya pasti. Pada masa pemerintahan yang baru,” ujarnya ditemui usai agenda Sidang Tahunan DPR/MPR di kompleks parlemen, Jumat (16/8/2024).

Untuk itu, dia pun tidak bisa memastikan apakah formulasi UMP pada tahun depan akan mengalami perubahan lagi atau tidak, lantaran pembahasannya akan menjadi tanggung jawab pemerintahan selanjutnya.

“Ya kita tidak tahu dong, kan diumumkannya biasanya November,” tegasnya, seraya memastikan hingga saat ini masih belum ada koordinasi terkait dengan penetapan UMP 2025 dengan tim transisi pemerintahan.  

"Belum waktunya [UMP 2025 dibahas]. Belum. Dari sisi siklus pembahasan UMP kan belum waktunya. Ini masih bulan Agustus."

Buruh demo menolak pemotongan upah 25% di kantor Kemnaker, Jakarta, Selasa (21/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)