Logo Bloomberg Technoz

Perundingan Gencatan Senjata Gaza Digelar di Doha, Hamas Absen

News
16 August 2024 13:50

Asap dari ledakan setelah militer Israel mengeluarkan perintah untuk evakuasi di Khan Younis, Gaza selatan, Senin (22/7/2024). (Ahmad Salem/Bloomberg)
Asap dari ledakan setelah militer Israel mengeluarkan perintah untuk evakuasi di Khan Younis, Gaza selatan, Senin (22/7/2024). (Ahmad Salem/Bloomberg)

Fiona MacDonald - Bloomberg News

Bloomberg, Israel memulai pembicaraan dengan mediator internasional tentang usulan jeda dalam perang yang telah berlangsung lebih dari 10 bulan di Gaza. Hal ini sebagai upaya meredakan ketegangan yang meningkat antara negara Yahudi tersebut dan Iran.

Delegasi Israel yang dipimpin oleh David Barnea, direktur dinas mata-mata Mossad, tiba di Qatar untuk bertemu dengan Perdana Menteri Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani dan kepala intelijen Mesir Abbas Kamel, yang merupakan perantara antara pihak-pihak yang bertikai. Direktur CIA William Burns hadir mewakili AS.

Meskipun perwakilan Hamas tidak hadir dalam diskusi di ibu kota Qatar, Doha, dua pejabat mengatakan bahwa mediator akan memberi penjelasan kepada kelompok yang didukung Iran tersebut setelah pertemuan selesai.

Diplomat di Doha, yang meminta anonimitas, mengatakan pertemuan sedang berlangsung. Beberapa kemajuan dicapai pada hari pertama diskusi, menurut laporan Axios yang mengutip pejabat AS. Perwakilan Hamas diberi penjelasan oleh mediator Qatar dan Mesir sepanjang hari, menurut Axios yang mengutip "sumber yang mengetahui" situasi.