Logo Bloomberg Technoz

Putri Thaksin Terpilih Jadi PM Baru Thailand

News
16 August 2024 12:55

PM baru Thailand Paetongtarn Shinawatra (Dok: Bloomberg)
PM baru Thailand Paetongtarn Shinawatra (Dok: Bloomberg)

Patpicha Tanakasempipat - Bloomberg News

Bloomberg, Paetongtarn Shinawatra, putri mantan pemimpin Thailand Thaksin Shinawatra, memenangkan pemungutan suara di parlemen untuk menjadi perdana menteri baru negara Asia Tenggara tersebut, yang mengakhiri masa-masa penuh gejolak di mana pengadilan menggulingkan pendahulunya dan membubarkan partai oposisi utama.

Paetongtarn, 37 tahun, mendapatkan dukungan dari sedikitnya 251 anggota parlemen pada pertengahan pemungutan suara di DPR yang beranggotakan 500 orang. Pencalonannya didukung oleh koalisi beranggotakan 11 anggota yang dipimpin oleh Partai Pheu Thai yang dikendalikan oleh Shinawatra dan memiliki lebih dari 300 anggota parlemen di majelis rendah.

Dia menjadi anggota ketiga dari klan Shinawatra yang berpengaruh yang memimpin negara ini dan perdana menteri termuda dalam sejarah Thailand. Ia dipilih untuk menduduki posisi puncak setelah Mahkamah Konstitusi Thailand memberhentikan Srettha Thavisin sebagai perdana menteri dalam kasus pelanggaran etika yang terkait dengan penunjukan pengacara yang tercemar sebagai menteri.

Rencana Stimulus