Logo Bloomberg Technoz

“Kemarin juga statement-nya Pak Prabowo jelas bahwa IKN akan dilanjutkan semuanya. Dan gesture tadi pada saat pidato kan Pak Prabowo, saling menghormati antara Pak Presiden Jokowi dan Pak Prabowo,” kata Budi Karya.

Jokowi di IKN pada 12 Agustus. (Fotografer: Norman Harsono/Bloomberg)

Sebelumnya, presiden terpilih Prabowo Subianto mengatakan bahwa dirinya berkomitmen untuk "melanjutkan, dan jika memungkinkan menyelesaikan" IKN.

Pernyataan tersebut dinilai menghilangkan ketidakpastian apakah pemimpin yang akan datang akan meninggalkan proyek bernilai miliaran dolar tersebut dari pendahulunya untuk mengejar agenda kebijakannya sendiri.

Prabowo, yang akan dilantik sebagai presiden kedelapan pada Oktober, memperkirakan IKN baru akan "berfungsi" dalam empat hingga lima tahun ke depan, katanya kepada wartawan pada Senin (12/08/2024) di sela-sela kunjungan ke IKN.

Dia dan Presiden Joko Widodo sedang meninjau ibu kota baru menjelang perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus yang dijadwalkan akan diadakan di lokasi tersebut.

Beberapa pengamat politik dan ekonom sebelumnya mempertanyakan apakah Prabowo akan melanjutkan proyek ibu kota baru mengingat fokusnya adalah mengalokasikan dana untuk kebijakan kesejahteraannya.

(wdh)

No more pages