Logo Bloomberg Technoz

MenPAN-RB: IKN Buka 60.000 Formasi CPNS, 5% Harus dari Kalimantan

Dovana Hasiana
16 August 2024 13:00

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Abdullah Azwar Anas. (Foto: BPMI Setpres/Rusman)
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Abdullah Azwar Anas. (Foto: BPMI Setpres/Rusman)

Bloomberg Technoz, Jakarta  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas menyatakan pemerintah membuka 60.000 formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk bertugas di berbagai kementerian/lembaga (k/l) di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Anas mengatakan rekrutmen CPNS yang dibukan bulan ini pada 20 Agustus disiapkan untuk total 600.000 formasi.

Namun, tidak semua k/l dan pemerintah daerah (pemda) menggunakan formasi yang sudah disiapkan untuk kategori lulusan baru atau fresh graduate karena berbagai alasan, termasuk persoalan anggaran.

“Formasi yang diusulkan tidak kitta setujui, karena formasi teknis. Karena kalau teknis, nanti kan terdisrupsi oleh digital, maka tidak kita setujui. Akan tetapi, ada kurang lebih 60.000 formasi dari pemerintah pusat yang menempel di k/l yang akan ke IKN,” ujarnya ditemui usai agenda Sidang Tahunan DPR/MPR di kompleks parlemen, Jumat (16/8/2024)..

“Jadi misalnya ada di kementerian, lembaga yang ada yang mengusulkan yang itu nanti tinggal dipindah ke IKN, di mana mereka adalah anak-anak yang punya talenta digital dan multitasking,” lanjutnya.

Ilustrasi tes CPNS. (Dok. Humas BKN)