Logo Bloomberg Technoz

Pidato Jokowi Apresiasi Kerja MK di Pemilu 2024

Muhammad Fikri
16 August 2024 12:50

Presiden Jokowi tiba untuk mengikutisidang tahunan MPR dan Pidato Kenegaraan di DPR, Jumat (16/8/2024).(Rosa Panggabean/Bloomberg)
Presiden Jokowi tiba untuk mengikutisidang tahunan MPR dan Pidato Kenegaraan di DPR, Jumat (16/8/2024).(Rosa Panggabean/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasi atas kerja sama Mahkamah Konstitusi (MK) dalam pemerintahannya selama 10 tahun. Hal ini disampaikan saat pidato kenegaraan yang menyinggung hasil kerja bersama antara eksekutif, legislatif dan yudikatif.

"Mahkamah Konstitusi RI telah menangani lebih dari 202 perkara pengujian UU dan mengadili sengketa Pemilu," kata Jokowi dalam pidato di DPR, Jumat (16/8/2024).

Relasi Jokowi dan MK sebenarnya mendapat sorotan pada beberapa tahun terakhir. Khususnya, saat MK yang dipimpin adik ipar Jokowi meloloskan uji materi Pasal Batas Usia pada UU Pemilu. Putusan tersebut digunakan putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka untuk maju sebagai cawapres pada Pemilu 2024.

Independensi MK juga sempat diragukan saat memimpin sengketa hasil Pemilu 2024. Dalam sidang tersebut, MK memperkuat keputusan KPU yang memenangkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. MK menilai dalil dan bukti yang diajukan dua paslon lainnya tak terbukti.

Soal putusan-putusan MK, Jokowi memang selalu mengklaim tak ikut cawe-cawe. Dia pun mengaku hanya bersikap pasif dengan mengikuti semua putusan lembaga penjaga konstitusi tersebut.