Logo Bloomberg Technoz

MenPAN-RB Soal Penundaan ASN ke IKN: Apartemennya Belum Siap

Dovana Hasiana
16 August 2024 12:30

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana Sirait)
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana Sirait)

Bloomberg Technoz, Jakarta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas mengonfirmasi bahwa rencana pemindahan aparatur sipil negara (ASN) ke Ibu Kota Nusantara (IKN) masih belum sepenuhnya siap dieksekusi tahun ini.

Anas menyebut formula terkait dengan eselon mana saja dari kementerian apa saja yang akan dipindahkan pada tahap awal ke IKN masih dalam pembahasan, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas (ratas).

“Tetapi betul arahan Bapak Presiden ini kan ada beberapa apartemen ASN yang sedang disempurnakan. Ini belum seluruhnya selesai. Oleh karena itu, Bapak Presiden berikan arahan [untuk] tidak dipaksakan [pemindahan ASN ke IKN] pada September jika ini belum tuntas,” ujarnya ditemui usai agenda Sidang Tahunan DPR/MPR di kompleks parlemen, Jumat (16/8/2024).

Plaza Seremoni Sumbu Kebangsaan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN), Rabu (14/8/2024). (Dok. PUPR)

Bagaimanapun, dia memastikan Kementerian PAN-RB telah menyiapkan skenario jika sebagian ASN tetap harus migrasi ke IKN pada kisaran September—Oktober 2024, yang mencakup sejumlah pejabat eselon 1 dan 2 dari beberapa kementerian.

“Kami sudah siapkan. Kementerian PAN-RB sudah melakukan koordinasi dengan seluruh sekjen di kementerian/lembaga [k/l] sehingga kita tinggal menunggu kesiapan nanti di apartemen ASN di IKN. [...] Belum semua tower selesai,” tuturnya.