Logo Bloomberg Technoz

KIM Plus Umumkan Calon di Jakarta & Jawa Tengah Awal Pekan Depan

Dovana Hasiana
16 August 2024 11:50

Ilustrasi Artikel Anies dan Ridwan Kamil (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Artikel Anies dan Ridwan Kamil (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan koalisi gemuk Koalisi Indonesia Maju atau KIM Plus akan mengumumkan secara resmi calon pada Pilkada DKI Jakarta dan Pilkada Jawa Tengah. Mereka akan mengumumkan nama calon gubernur dan calon wakil gubernur pada dua wilayah tersebut. 

“Minggu depan saya kira kita sudah sampai pada pembicaraan siapa yang akan kita usung jadi wakil-wakil yang kita tetapkan calonnya, baik di Jakarta maupun di Jawa Tengah,” ujar Doli saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2024). 

Koalisi Indonesia Maju yang memiliki kursi di dua wilayah kontestasi politik tersebut adalah Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Koalisi ini berpotensi mendapat tambahan beberapa partai politik koalisi lain yaitu Partai Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Di Jakarta, KIM Plus dikabarkan akan mengusung mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai cagub. Sedangkan kursi cawagub diberikan kepada PKS yang juga pemenang Pileg 2024 di Jakarta. Beredar kabar, petinggi KIM setuju terhadap sosok Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PKS, Suswono.

Sedangkan di Jawa Tengah, KIM Plus berpotensi mengusung mantan Kapolda Jawa Tengah yang saat ini menjabat Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan, Ahmad Luthfi. Soal cawagub, beberapa kabar menyebut putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep akan menjadi salah satu alternatif pilihan.