Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Pamit di Pidato Kenegaraan: Maaf untuk Hati yang Kecewa

Redaksi
16 August 2024 11:30

Presiden Jokowi saat mengikutisidang tahunan MPR dan Pidato Kenegaraan di DPR, Jumat (16/8/2024).(Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi saat mengikutisidang tahunan MPR dan Pidato Kenegaraan di DPR, Jumat (16/8/2024).(Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Jokowi menyampaikan salam perpisahan dalam pidato kenegaraan di sidang tahunan MPR, Jumat (16/8/2024). Jokowi mengakui selama kepemimpinannya masih banyak yang belum tercapai dan sempurna.

"10 tahun bukanlah waktu yang cukup panjang untuk mengurai semua permasalahan bangsa," ujar Presiden Jokowi dalam pidato kenegaraan, Jumat (16/8/2024).

Jokowi mengaku menyadari sebagai pribadi jauh dari kata sempurna. Dia menyebut dirinya hanyalah insan yang tumbuh dengan segala keterbatasan. 

"Sangat mungkin ada yang luput dari pandangan saya. Sangat mungkin ada celah dari langkah-langkah yang saya ambil. Sangat mungkin banyak kealpaan dalam diri saya," ujar Jokowi menambahkan.

"Izinkan saya menyampaikan suara nurani terdalam kepada Bapak, Ibu, Saudara-Saudara se-Bangsa dan se-Tanah Air, kepada seluruh rakyat Indonesia, tidak terkecuali satu pun, Mohon maaf untuk setiap hati yang mungkin kecewa, untuk setiap harapan yang mungkin belum bisa terwujud, untuk setiap cita-cita yang mungkin belum bisa tergapai. Sekali lagi, kami mohon maaf," kata Jokowi.