Logo Bloomberg Technoz

Jokowi: Transisi Energi RI Akan Hati-hati, Adil, dan Terjangkau

Redaksi
16 August 2024 11:20

Presiden Jokowi saat Sidang Tahunan MPR RI dan Pidato Kenegaraan, Jumat (16/8/2024).(Tangkapan Layar Youtube DPR)
Presiden Jokowi saat Sidang Tahunan MPR RI dan Pidato Kenegaraan, Jumat (16/8/2024).(Tangkapan Layar Youtube DPR)

Bloomberg Technoz, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan sikap Indonesia untuk tidak akan melakukan transisi menuju penggunaan energi bersih secara agresif, tetapi bertahap, guna memastikan keterjangkauan sumber energi bagi rakyat.

Dalam Pidato Kenegaraannya di Sidang Tahunan MPR 2024, yang sekaligus menjadi sidang tahunan terakhir Jokowi sebagai Kepala Negara, dia menegaskan bahwa saat ini dunia mulai mengarahkan masa depannya ke ekonomi hijau.

“Indonesia juga tidak ingin kehilangan momentum karena Indonesia memiliki potensi besar di sektor energi hijau, yaitu sekitar lebih dari 3.600 GW, baik dari energi air, angin, matahari, panas bumi, gelombang laut, dan bio energi,” ujarnya, Jumat (16/8/2024).

Dia menegaskan Indonesia akan konsisten mengikuti perkembangan global terkait dengan transisi energi, tetapi dengan cara yang lebih saksama.

“Kita terus konsisten mengambil bagian dalam langkah dunia melakukan transisi energi secara hati-hati dan bertahap. Transisi energi yang ingin kita wujudkan adalah transisi energi yang berkeadilan, yang terjangkau dan mudah diakses oleh masyarakat,” tegasnya.