Logo Bloomberg Technoz

Sentil Soal Demokrasi, Suara Keras Puan: ‘No Viral, No Justice’

Azura Yumna Ramadani Purnama
16 August 2024 10:55

Ketua DPR RI, Puan Maharani saat sidang tahunan MPR dan Pidato Kenegaraan, Jumat (16/8/2024). (Tangkapan Layar Youtube DPR)
Ketua DPR RI, Puan Maharani saat sidang tahunan MPR dan Pidato Kenegaraan, Jumat (16/8/2024). (Tangkapan Layar Youtube DPR)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Puan Maharani menyinggung soal pentingnya menjaga demokrasi dan tertib hukum di Indonesia dalam Pidato Kenegaraan 2024. Menurut Puna penting bagi negara tetap menghadirkan dialektika dalam berdemokrasi. 

“Berdialektika dalam demokrasi wacana mensyaratkan para pihak yang berdialektika memiliki kualitas informasi dan pengetahuan yang berimbang,” jelas Puan dalam sidang tahunan MPR terakhir di pemerintahan Presiden Joko Widodo, Jumat (16/8/2024).

“Tanpa syarat ini maka dialektika tidak berjalan; brainstorming menjadi brainwashing; dalam jangka menengah panjang terjadi pengendalian persepsi.”

Ia menambahkan negara harus hadir untuk rakyat. Negara jangan terlambat atau kurang merespons. Jika hal tersebut terjadi maka, “rakyat mengambil inisiatifnya sendiri dengan mem-viralkan di media sosial; No Viral, No Justice". 

Menurut Puan seluruh lembaga negara harus menjalankan peran di negara demokrasi. Kerja DPR, Pemerintah, hingga MK, diminta efektif dan memperhatikan rasa keadilan dalam melayani rakyat.