Logo Bloomberg Technoz

Puan Bicara Kesetaraan Gender di Sidang Tahunan 2024

Azura Yumna Ramadani Purnama
16 August 2024 10:46

Ketua DPR RI, Puan Maharani saat sidang tahunan MPR dan Pidato Kenegaraan, Jumat (16/8/2024). (Tangkapan Layar Youtube DPR)
Ketua DPR RI, Puan Maharani saat sidang tahunan MPR dan Pidato Kenegaraan, Jumat (16/8/2024). (Tangkapan Layar Youtube DPR)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani mengutarakan kesetaraan gender di pidato tahunan MPR RI. Menurut Puan, keikutsertaan perempuan harus diberi ruang dalam pembangunan bangsa. 

“Keikutsertaan perempuan bukanlah sebagai bentuk afirmatif, akan tetapi sebagai bentuk kesadaran kita bersama bahwa peran laki-laki dan perempuan setara kedudukannya dalam membangun bangsa dan negara,” ujar Puan dalam pidato tahunan DPR di Gedung DPR RI, Jumat (16/8/2024).

Puan mengutarakan, saat ini masih banyak ditemukan cara berpikir “The happiness of man is: I will. The happiness of woman is: he wills” harus diubah.

“Kesetaraan antara laki-laki dan perempuan bukan didasarkan karena kebencian pada kaum laki-laki. Akan tetapi atas kesadaran bahwa harkat dan martabat manusia sama, baik laki-laki maupun perempuan; baik kulit putih maupun kulit hitam; baik rambut lurus maupun rambut keriting; harkat dan martabat manusia adalah sama,” ujar Puan.

Puan mengutarakan keikutsertaan perempuan bukanlah sebagai bentuk afirmatif, akan tetapi sebagai bentuk kesadaran kita bersama bahwa peran laki-laki dan perempuan setara kedudukannya dalam membangun bangsa dan negara.