Logo Bloomberg Technoz

Ketua MPR Serukan Pembentukan Matra ke-4, Angkatan Siber

Muhammad Fikri
16 August 2024 10:05

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membuka sidang tahunan MPR dan Pidato Kenegaraan, Jumat (16/8/2024). (Tangkapan Layar Youtube DPR)
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membuka sidang tahunan MPR dan Pidato Kenegaraan, Jumat (16/8/2024). (Tangkapan Layar Youtube DPR)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua MPR Bambang Soesatyo menyoroti era baru di mana operasi militer dapat dikendalikan dari jarak jauh. Dia menyerukan pentingnya pembentukan Angkatan Siber Tentara Nasional Indonesia (TNI).

"Kita telah sama-sama mengetahui dunia sudah memasuki era internet of military things di mana operasi militer semakin dapat dikendalikan dari jarak yang sangat jauh, dengan lebih cepat, tepat, dan akurat," ungkap Bambang Soesatyo saat menyampaikan pembukaan sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79 pada Jumat (16/08/2024).

"Untuk itu sudah saatnya Indonesia segera mempersiapkan pembentukan matra ke-IV TNI dengan menghadirkan Angkatan Siber," lanjutnya.

Bambang mengatakan kehadiran Angkatan Siber tersebut dapat memperkuat tiga matra yang sudah ada, yaitu Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara.

"Ini penting, mengingat posisi geopolitik Indonesia sangat rawan, lantaran berhadapan langsung dengan trisula negara persemakmuran Inggris: Malaysia, Singapura, dan Australia, yang tergabung dalam Five Power Defence Arrangement (FFDA) bersama Selandia Baru dan Britania Raya," jelas Bambang Soesatyo.