Logo Bloomberg Technoz

Ketua MPR: RI Butuh Kedaulatan Pangan, Bukan Ketahanan Pangan

Muhammad Fikri
16 August 2024 11:30

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membuka sidang tahunan MPR dan Pidato Kenegaraan, Jumat (16/8/2024). (Tangkapan Layar Youtube DPR)
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membuka sidang tahunan MPR dan Pidato Kenegaraan, Jumat (16/8/2024). (Tangkapan Layar Youtube DPR)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo mengemukakan isu pangan dalam pidato pengantar Sidang Tahunan MPR 2024. Menurutnya, ketahanan pangan belum cukup karena yang dibutuhkan adalah kedaulatan pangan.

"Meningkatnya populasi penduduk dunia, khususnya Indonesia, akan membutuhkan daya dukung ketahanan pangan yang besar," ujarnya, Jumat (16/8/2024).

Namun pada saat yang sama, lanjut politisi Partai Golkar tersebut, sektor pertanian malah menghadapi berbagai tekanan. Makin sempitnya lahan pertanian, stagnasi produksi, meningkatnya frekuensi hama dan penyakit, makin mahalnya buaya produksi, serta ancaman perubahan iklim adalah beberapa di antaranya.

Oleh karena itu, tambah Bambang, Indonesia harus menyiapkan strategi besar. Indonesia harus bisa mewujudkan kedaulatan pangan, di mana kebutuhan rakyat bisa dipenuhi oleh produksi dalam negeri.

"Bukan sekadar ketahanan pangan, yang acap kali mengandalkan impor bahan-bahan pangan dari luar negeri," tegasnya.