Logo Bloomberg Technoz

Ketua MPR: RI Perlu Kedaulatan Pangan Bukan Ketahanan Pangan

Muhammad Fikri
16 August 2024 10:05

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membuka sidang tahunan MPR dan Pidato Kenegaraan, Jumat (16/8/2024). (Tangkapan Layar Youtube DPR)
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membuka sidang tahunan MPR dan Pidato Kenegaraan, Jumat (16/8/2024). (Tangkapan Layar Youtube DPR)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Majelis Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo memberikan perhatian khusus pada pemenuhan pangan di Indonesia dalam Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2024, Jumat (16/8/2024). Menurutnya Indonesia sekarang butuh kedaulatan pangan.

Menurutnya meningkatnya populasi penduduk dunia khususnya di Indonesia, akan dibutuhkan daya dukung bahan pangan yang lebih besar. Pada saat bersamaan, sektor pertanian sebagai penopang ketahanan pangan, justru menghadapi beragam tekanan.

“Mulai dari makin sempitnya lahan pertanian, stagnasi produksi, meningkatnya frekuensi hama dan penyakit tumbuhan, makin mahalnya biaya produksi, serta ancaman perubahan iklim,” ungkapnya.

“Untuk menghindari risiko krisis pangan di masa yang akan datang, kita perlu menyiapkan strategi besar untuk menciptakan “kedaulatan pangan” Indonesia, bukan sekedar “ketahanan pangan”, yang acapkali mengandalkan impor bahan-bahan pangan dari luar negeri.” ungkapnya.

Sekadar informasi, sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79 tahun ini dihadiri 528 orang. Jumlah tersebut terdiri dari anggota MPR, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).