Logo Bloomberg Technoz

Di dunia yang sekarang hidup berdampingan dengan Covid-19, para ahli kesehatan bersiap menghadapi potensi ancaman global berikutnya. Dua dekade terakhir telah terlihat tiga jenis virus corona utama yang menyebabkan SARS, MERS dan Covid-19, serta pandemi flu babi pada tahun 2009.

Penyebaran yang cepat dari varian flu burung H5N1 telah menimbulkan kekhawatiran. Meskipun sejauh ini hanya sejumlah kecil orang yang telah terinfeksi dan tidak ada tanda-tanda terjadi penularan dari manusia ke manusia. Meroketnya penularan pada unggas dan peningkatan serangan pada mamalia telah menimbulkan kekhawatiran di antara para ilmuwan dan pemerintah bahwa virus mungkin bermutasi dan lebih mudah menyebar.

Banyak pula patogen beresiko tinggi seperti MERS and zika yang belum mempunyai vaksin teruji atau pengobatan yang ampuh, sementara kebijakan pengawasan yang ada belum mampu mendeteksi adanya pandemi baru dalam waktu yang singkat.  Hal ini menjadikan pedoman kesiapan menghadapi pandemi penting untuk segera disusun. 

(bbn)

No more pages