Logo Bloomberg Technoz

Kata PKS Soal Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada DKI Jakarta

Mis Fransiska Dewi
16 August 2024 09:40

Ilustrasi Artikel Ridwan Kamil (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Artikel Ridwan Kamil (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) belum mau memberikan respons soal kabar Koalisi Indonesia Maju (KIM) berminat meminang Ketua Majelis Pertimbangan Pusat partai tersebut, Suswono sebagai calon wakil gubernur (cawagub) di Pilkada DKI Jakarta.

"Kalau namanya isu, ya kita tidak bisa [komentar]. Namanya isu. Nanti kalau kita merespons isu, ini akan capek," kata Ketua DPP PKS, Jazuli Juwaini di Gedung DPR, Jumat (16/8/2024).

Padahal, pernyataan soal nama Suswono sudah disampaikan salah satu pentolan KIM yaitu Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan. Dalam pernyataan tersebut, nama Suswono memang belum disepakati seluruh anggota KIM; namun lebih diterima dibandingkan dua petinggi PKS lainnya yaitu Akhmad Syaikhu dan Sohibul Iman.

Jazuli juga enggan memastikan PKS telah bergabung dengan KIM untuk membentuk koalisi gemuk bernama KIM Plus. Hal ini termasuk masih ogah membenarkan partai tersebut turut mengusung mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai calon gubernur di Pilkada DKI Jakarta.

Menurut dia, PKS bersama sejumlah partai koalisinya akan mengumumkan nama pasangan calon yang diusung pada kontestasi politik di DKI Jakarta pada Senin (19/8/2024). Dia tak memberikan komentar apakah itu KIM yang mengusung Ridwan Kamil; atau Koalisi Perubahan yang mengusung Anies Baswedan.