Logo Bloomberg Technoz

Kenaikan harga emas pada perdagangan kemarin relatif terbatas karena perkembangan di Amerika Serikat (AS). Kementerian Ketenagakerjaan AS melaporkan, klaim tunjangan pengangguran untuk pekan yang berakhir 10 Agustus tercatat 227.000. Turun 7.000 dibandingkan minggu sebelumnya dan menjadi penurunan selama 2 minggu beruntun.

Klaim 227.000 juga menjadi yang terendah dalam 5 pekan terakhir.

Kemudian, US Census Bureau mengumumkan penjualan ritel Negeri Adidaya pada Juli naik 1% dibandingkan bulan sebelumnya (month-to-month/mtm. Lebih tinggi dibandingkan Juni yang tumbuh 0,2% dan menjadi pertumbuhan tertinggi sejak Januari tahun lalu.

Data ini bak 2 sisi mata uang. Di satu sisi, investor lega karena rasanya ekonomi AS masih berdaya tahan, tidak akan resesi, tidak akan hard landing.

Namun di sisi lain, ekonomi AS yang masih kuat bisa membuat bank sentral Federal Reserve berpikir ulang untuk menurunkan suku bunga acuan secara agresif. Mengutip CME FedWatch, peluang pemangkasan 25 basis poin (bps) jauh lebih tinggi ketimbang 50 bps.

Kemungkinan penurunan Federal Funds Rate sebesar 25 bps menjadi 5-5,25% pada September adalah 75%. Sementara probabilitas pengguntingan 50 bps ke 4,75-5% hanya 25%.

Emas adalah aset yang tidak memberikan imbal hasil (non-yielding asset). Memegang emas lebih menguntungkan saat suku bunga turun.

(aji)

No more pages