Logo Bloomberg Technoz

Topan Ampil Picu Ratusan Pembatalan Penerbangan di Jepang

News
16 August 2024 08:30

Ilustrasi penerbangan pesawat. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi penerbangan pesawat. (Sumber: Bloomberg)

Supriya Singh - Bloomberg News

Bloomberg, Topan Ampil semakin dekat ke pulau utama Jepang, Honshu, pada Jumat (16/08/2024). Hal ini memaksa maskapai penerbangan utama Jepang untuk membatalkan penerbangan, dan pemerintah mengeluarkan peringatan terhadap kemungkinan tanah longsor dan banjir.

Japan Airlines Co dan All Nippon Airways Co membatalkan sekitar 90 penerbangan internasional, berdampak pada lebih dari 15.000 penumpang. Kedua maskapai juga membatalkan sekitar 560 penerbangan domestik, yang berdampak pada sekitar 104.000 pelancong yang ingin terbang ke sejumlah tujuan seperti Okinawa, Osaka, dan Fukuoka.

Gangguan akibat badai tropis semakin sering terjadi di Jepang, dengan badan cuaca memperingatkan penduduk untuk tinggal di dalam rumah dan waspada terhadap bahaya air. Perusahaan juga mendesak karyawan untuk pulang lebih awal. Topan terbaru, yang dikategorikan sebagai badai tropis yang parah, akan berada pada titik terdekatnya sekitar tengah hari Jumat, menurut peramal cuaca.

"Meskipun beberapa orang mungkin berencana menghabiskan waktu santai di pantai, kami mendesak penduduk di daerah yang berpotensi terkena dampak untuk tidak mendekati laut dan sungai," kata Satoshi Omatsu, direktur kantor manajemen sungai di Kementerian Tanah, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata, dalam jumpa pers.