Logo Bloomberg Technoz

Hakim Distrik AS James Donato di San Francisco sekarang memutuskan perubahan kebijakan apa yang harus dilakukan Google untuk mematuhi undang-undang antimonopoli federal. 

Donato mengatakan pada sidang hari Rabu bahwa ia bermaksud mengeluarkan keputusan dalam beberapa minggu mendatang dan sedang mempertimbangkan pemulihan yang akan berlaku di luar AS. Pasalnya juri menemukan bahwa praktik anti-persaingan usaha terjadi secara global.

Hakim memberi peringatan keras pada Google karena menolak beberapa solusi yang diajukan oleh Epic Games Inc.

Epic Games.

Pembatasan

“Ketika Anda membangun pagar untuk mencegah semua orang di luar sana, maka akan ada penyerbuan ketika Anda akhirnya membuka gerbang,” kata Donato. “Anda seharusnya tidak membangun pagar sejak awal.”

Google telah memperkirakan bahwa diperlukan waktu 12 hingga 16 bulan untuk mengimplementasikan perubahan yang diusulkan, namun Donato menginginkan waktu yang lebih cepat.

“Ini adalah Google. Anda bisa melakukan lebih baik dari itu,” kata dia.

Keputusan Donato akan menjadi yang pertama di AS yang mencoba mengoreksi dominasi Google setelah bertahun-tahun kasus persaingan usaha di Eropa dan denda yang mencapai lebih dari 8,25 miliar euro (US$9,1 miliar).

Hal yang menggantung adalah pendapatan miliaran dolar AS untuk Google Play, bahkan kemudian membebankan komisi sebanyak 30% kepada para developer software —mereka biasanya hanya memiliki sedikit pilihan platform untuk memasarkan aplikasi mereka.

Pengawasan Antimonopoli

Dalam putusan bulan Desember, juri menemukan bahwa Google, yang telah berada di bawah pengawasan antimonopoli selama satu dekade terakhir, terlibat dalam monopoli ilegal di seluruh dunia, tidak termasuk China. 

Minggu lalu, seorang hakim di pengadilan federal yang berbeda memutuskan bahwa Google telah memonopoli pasar pencarian dan periklanan online secara ilegal.

Departemen Kehakiman, yang mengajukan kasus pencarian bersama dengan sekelompok jaksa agung negara bagian, sedang mempertimbangkan apakah akan meminta perusahaan dibubarkan, setelah keputusan tersebut, demikian dilaporkan Bloomberg.

Epic menyatakan beberapa solusi, seperti memberikan toko aplikasi pihak ketiga akses ke jutaan aplikasi di Google Play Store, diberlakukan selama enam tahun.

Google menjawab bahwa satu atau dua tahun seharusnya cukup lama bagi aplikasi untuk mendapatkan daya tariknya sendiri, setelah itu Google tidak boleh lagi dipaksa untuk “mendukung para pesaingnya.”

Donato mengindikasikan bahwa keputusannya kemungkinan akan berlangsung setidaknya selama tiga tahun. Dia juga a bermaksud untuk menunjuk komite teknis beranggotakan tiga orang untuk mengawasi kepatuhan perusahaan terhadap perintahnya.

Hakim berulang kali meyakinkan para pengacara Google bahwa ia tidak tertarik untuk mengatur bisnisnya secara mikro.

“Saya tidak berniat untuk membuat keputusan yang sangat terperinci yang pada akhirnya akan mengganggu persaingan,” kata Donato.

Epic juga telah melancarkan gugatan antimonopoli yang sudah berlangsung lama terhadap toko aplikasi Apple Inc.

(bbn)

No more pages