Logo Bloomberg Technoz

PBOC akan Perkuat Pemulihan Ekonomi, Tapi Hindari Langkah Drastis

News
16 August 2024 07:20

Gubernur Bank Sentral China (PBOC) Pan Gongsheng (Bloomberg)
Gubernur Bank Sentral China (PBOC) Pan Gongsheng (Bloomberg)

Foster Wong - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur Bank Sentral China atau People's Bank of China (PBOC), Pan Gongsheng, berjanji akan mengambil langkah lebih lanjut untuk mendukung pemulihan ekonomi negaranya. Namun, dia memperingatkan bahwa pihaknya tidak akan menerapkan langkah-langkah "drastis".

Media pemerintah China menerbitkan sepasang wawancara dengan Gubernur Pan Gongsheng pada Kamis (15/08/2024) setelah indikator utama untuk Juli menunjukkan pertumbuhan ekonomi negara itu tetap lesu. Kenaikan penjualan ritel tetap lemah, sementara pertumbuhan investasi melemah - menggarisbawahi melemahnya permintaan domestik di tengah penurunan berkelanjutan di pasar perumahan.

PBOC akan memperkuat upaya untuk secara efektif menerapkan kebijakan moneter dan keuangan yang telah diperkenalkan tahun ini, dan langkah-langkah lebih lanjut akan dilakukan sesuai dengan persyaratan Dewan Negara, kata Pan dalam sebuah wawancara dengan China Central Television pada Kamis. Dia tidak menjelaskan langkah-langkah potensial.

Menjaga stabilitas harga dan mendorong pemulihan harga moderat adalah pertimbangan penting, kata Pan, dalam referensi yang jelas terhadap risiko deflasi yang bertahan lama. Pada saat yang sama, penting untuk menjaga kesabaran dan stabilitas kebijakan, serta menahan diri dari "pengetatan drastis atau pelonggaran drastis," kata Pan, berbicara dalam wawancara terpisah dengan Xinhua News Agency.