Logo Bloomberg Technoz

Nota Keuangan 2025 Dibacakan Hari Ini: Gaji PNS Naik Lagi

Azura Yumna Ramadani Purnama
16 August 2024 05:40

Ilustrasi PNS DKI Jakarta, (Dok. Pemprov DKI Jakarta)
Ilustrasi PNS DKI Jakarta, (Dok. Pemprov DKI Jakarta)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menyampaikan Nota Keuangan Pengantar rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2025 di DPR RI pada siang ini, Jumat (16/8/2024). Salah satu kebijakan yang ditunggu khalayak adalah keputusan terkait penyesuaian gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk tahun 2025.

Rencana kenaikan gaji PNS tersebut sudah tertuang dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2025 dan Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2025.

Dalam perkembangannya, Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa membenarkan rencana penyesuaian gaji PNS akan dilakukan pada tahun mendatang. Hal ini diamini pula oleh sejumlah menteri ekonomi lain.

Hanya saja, dia menggarisbawahi kenaikan gaji tersebut akan diutamakan kepada beberapa kriteria bidang pekerjaan tertentu.

"Tetapi yang terutama pekerja-pekerja fungsional yang penting. Kayak misalnya di bidang kesehatan, guru. Itu yang kami dorong," ujar dia.