Logo Bloomberg Technoz

DPR yang beranggotakan 500 orang dijadwalkan akan mengadakan sesi khusus pada Jumat (16/8/2024) untuk memilih pemimpin baru setelah Srettha dicopot dari jabatannya oleh Mahkamah Konstitusi karena melakukan pelanggaran etika.

Penunjukan Paetongtarn atau Chaikasem akan menandakan sedikit perubahan pada kebijakan-kebijakan yang diambil oleh pemerintahan Srettha, yang berfokus pada mendorong pertumbuhan melalui kebijakan-kebijakan fiskal yang lebih longgar dan mengatasi biaya hidup yang tinggi dan utang rumah tangga yang hampir mencapai rekor.

Pheu Thai, yang secara efektif dikendalikan oleh Thaksin dan keluarganya, telah mendapatkan dukungan dari beberapa partai konservatif pro-royalis terbesar di negara ini setelah kesepakatan yang membawa mantan pemimpin tersebut kembali ke Thailand setelah pengasingannya yang lama.

Selama aliansi ini bertahan, aliansi ini memiliki dukungan lebih dari 300 anggota parlemen di majelis rendah, cukup untuk mengatasi oposisi apa pun.

Anutin Charnvirakul, pemimpin partai terbesar kedua, Partai Bhumjaithai, dan pesaing utama dari kubu konservatif, mengatakan bahwa partainya akan mendukung siapa pun yang dicalonkan oleh Pheu Thai.

"Meskipun masih terlalu dini untuk mengatakannya, kabinet baru yang mampu memberikan keseimbangan yang baik di antara partai-partai koalisi mungkin akan bertahan selama sisa masa jabatan empat tahun dan memberikan stabilitas politik jangka menengah," kata Kaseedit Choonnawat, analis di Citigroup Inc.

(bbn)

No more pages