Logo Bloomberg Technoz

Putri Thaksin Didukung Parlemen untuk Jadi PM Thailand Berikutnya

News
15 August 2024 18:40

Putri mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra, Paetongtarn Shinawatra, 37 tahun. (Dok: Bloomberg)
Putri mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra, Paetongtarn Shinawatra, 37 tahun. (Dok: Bloomberg)

Patpicha Tanakasempipat dan Suttinee Yuvejwattana - Bloomberg News

Bloomberg, Putri mantan pemimpin Thailand Thaksin Shinawatra kini digadang-gadang menjadi perdana menteri negara Asia Tenggara berikutnya, langkah yang akan menandakan kesinambungan setelah anggota partai lainnya digulingkan dari jabatan tertinggi pada Rabu (14/8/2024).

Paetongtarn Shinawatra, 37 tahun, mendapat dukungan mayoritas anggota parlemen dari partai Thaksin, Pheu Thai, dalam pertemuan Kamis (15/8/2024). Keputusan akhir akan diambil para eksekutif partai, yang berencana untuk bertemu pada pukul 16.00 waktu setempat, kata anggota senior partai Suriya Juangroongruangkit kepada para wartawan.

Paetongtarn adalah anak bungsu dari tiga anak Thaksin dan pemimpin nominal Pheu Thai, kelompok terbesar dalam koalisi 11 partai yang berusaha mempertahankan kekuasaan setelah pengadilan mendiskualifikasi sesama anggota Pheu Thai, Srettha Thavisin, sebagai perdana menteri.

Media lokal sebelumnya melaporkan bahwa anggota partai yang lain, mantan menteri hukum Chaikasem Nitisiri, 75 tahun, adalah yang terdepan untuk menjadi perdana menteri berikutnya.