Logo Bloomberg Technoz

Pada saat yang sama, "efek domino yang terjadi sungguh luar biasa, pertumbuhan basis penggemar perempuan kami sangat luar biasa selama setahun terakhir."

Ketika Swift menghadiri pertandingan pertamanya, dia tidak menginginkan perlakuan istimewa dan lebih memilih berjalan melalui pintu gerbang utama stadion, kenang Hunt.

"Tim keamanan kami seperti, 'Apa kamu bercanda?'" katanya sambil tertawa. 

"Dia datang ke pertandingan dan benar-benar menghidupkan media sosial, dan setiap jenis media lainnya."

Mahomes dan Kelce 

Tentu saja, Swift bukan satu-satunya faktor yang mendorong peningkatan basis penggemar Chiefs. Dipimpin oleh quarterback Patrick Mahomes, tim ini memainkan empat pertandingan pasca-musim dan memenangkan Super Bowl kedua berturut-turut.

Penjualan merchandise juga mencerminkan kesuksesan tersebut. Mahomes dan Kelce masing-masing menduduki peringkat ketiga dan keempat dalam daftar penjualan 50 pemain teratas akhir tahun, yang mengurutkan pemain terbaik liga pada produk-produk NFL resmi berlisensi. Chiefs juga mendapat kesempatan untuk memenangkan penggemar di luar negeri, dengan pertandingan musim reguler di Jerman.

Namun, dampak Swift mengejutkan NFL, kata Hunt. Liga mengonfirmasi perhitungan popularitas yang meningkat tersebut, tanpa mengatakan bagaimana mereka mengukur basis penggemar. Swift menghadiri 13 dari 21 pertandingan reguler dan pasca-musim Chiefs, termasuk Super Bowl LVIII, yang merupakan pertandingan paling banyak ditonton dalam sejarah liga, dengan rata-rata 123,4 juta penonton di semua platform.

"Kami memiliki selebriti di pertandingan kami setiap akhir pekan dan kami belum pernah melihat yang seperti ini," kata Ian Trombetta, wakil presiden senior NFL untuk sosial, influencer, dan pemasaran konten, musim gugur lalu.

Ekuitas Swasta

Hunt berbicara dalam diskusi yang luas dengan saudaranya Dan, yang memimpin komite tuan rumah Dallas untuk Piala Dunia FIFA 2026 selain minatnya dalam sepak bola Amerika. Clark dan Dan adalah putra dari almarhum Lamar Hunt, pemilik Chiefs lama, yang namanya diabadikan pada trofi kejuaraan American Football Conference NFL.

Clark Hunt juga memimpin komite keuangan liga dan ditugaskan untuk membuat kerangka kerja yang memungkinkan investor ekuitas swasta untuk membeli saham dalam tim.

Berdasarkan proposal saat ini, sekelompok firma yang dipilih dan telah disetujui akan diizinkan membeli hingga 10% saham dalam tim. Komisaris NFL Roger Goodell telah mengatakan bahwa ia mengharapkan liga menyetujui kerangka kerja sebelum akhir tahun.

"Saya optimis bahwa kami akan memenuhi jadwal komisaris untuk menjalankan program ini sebelum akhir tahun," kata Hunt.

(bbn)

No more pages