Logo Bloomberg Technoz

Trump dan super-PAC yang bersekutu dengannya telah memesan sekitar 60% dari waktu iklan untuk bulan Agustus, membalikkan keunggulan iklan yang dimiliki Partai Demokrat selama sebagian besar kampanye. Partai Republik kini mengeluarkan lebih banyak uang daripada lawan mereka di tujuh negara bagian yang paling penting bagi hasil pemilu November.

Penunjukan Harris sebagai calon presiden dari Partai Demokrat yang terlambat telah membantu meningkatkan pengeluaran, memaksa kedua pihak untuk memperbarui pesan mereka guna mencerminkan dinamika yang berubah dengan cepat. Dalam iklannya, Harris berusaha untuk keluar dari bayang-bayang Presiden AS Joe Biden dengan memperkenalkan dirinya kembali kepada pemilih sebagai putri imigran kelas menengah dan mengangkat kredensialnya sebagai "jaksa negara bagian perbatasan."

Super-PAC Partai Republik merespons dengan menggambarkannya sebagai "liberal yang berbahaya" dan arsitek dari "krisis perbatasan terburuk dalam sejarah Amerika."

Selama berbulan-bulan, Biden memiliki siaran udara di negara bagian yang sebagian besar hanya untuk dirinya sendiri, mencoba untuk mengejar ketertinggalan dari kampanye Trump yang terganggu oleh empat kasus pidana terhadap mantan presiden tersebut.

Dengan Biden yang berjuang di negara bagian "Blue Wall" di utara industri, super-PAC Trump, MAGA Inc, sebelumnya fokus pada sebagian besar sumber dayanya di Pennsylvania yang harus dimenangkan.

Sebagai tanda betapa besar perubahan dalam pemilu ini, MAGA Inc kini memperluas peta untuk mencakup tujuh negara bagian yang menjadi medan pertempuran — termasuk Carolina Utara, negara bagian yang pernah dianggap sebagai yang paling ramah terhadap Trump di antara negara-negara bagian yang diperebutkan. Barack Obama adalah kandidat presiden dari Partai Demokrat terakhir yang memenangkan negara bagian tersebut pada 2008.

Super-PAC lainnya juga meningkatkan pengeluaran. PAC Preserve America yang sejalan dengan Trump meluncurkan putaran pertama iklannya selama Olimpiade bulan lalu dan berencana untuk menghabiskan sekitar US$60 juta hingga Hari Buruh, menurut seseorang yang mengetahui rencana tersebut.

Sebagian besar didanai oleh pemegang saham mayoritas Las Vegas Sands Corp, Miriam Adelson, super-PAC tersebut diperkirakan akan menghabiskan lebih dari US$100 juta yang mereka keluarkan pada tahun 2020, kata orang tersebut. Sebagian besar iklannya difokuskan pada krisis perbatasan.

"Preserve America dengan bangga berkomitmen untuk membantu Presiden Trump dengan kampanye iklan yang akan melebihi apa yang kami habiskan pada 2020," kata David Carney, penasihat senior kelompok tersebut.

Tim kampanye Trump tidak segera menanggapi pertanyaan tentang rencana pengeluaran iklannya hingga Hari Buruh. PAC Future Forward dan American Bridge, yang keduanya mendukung Harris, juga tidak segera menanggapi pertanyaan tentang rencana mereka.

(bbn)

No more pages