Logo Bloomberg Technoz

KPK Jawab Tudingan Jadi Alat Ambil Alih Kursi Megawati di PDIP

Muhammad Fikri
15 August 2024 17:20

Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membantah keterlibatan lembaga antirasuah di dalam isu mengambil alih PDIP yang sebelumnya disampaikan oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri pada acara partai tersebut Kamis (14/8) lalu.

Direktur Penyidikan KPK, Asep Guntur Rahayu memastikan bahwa penelusuran penyidik KPK terhadap dua kasus yang melibatkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto tidak ada kaitannya dengan isu pengambilalihan partai berlambang kepala banteng tersebut.

“[Penyelidikan] tidak ada kaitannya dengan masalah politik, itu yang bisa saya sampaikan.” kata Asep di Gedung Merah Putih KPK, Kamis (15/8/2024).

Asep juga mengatakan bahwa penyidikan yang dilakukan oleh tim penyidik KPK merupakan bentuk tindak lanjut yang dilakukan oleh penyidik usai menemukan sejumlah bukti-bukti yang kebetulan menyangkut Sekjen dari partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

“Bahwa penyidikan yang dilakukan itu, apakah itu upaya paksa nya penyitaan terhadap surat ataupun dalam bentuk gawai, gadget dan lain-lain, ini adalah bukti elektronik nanti jadinya, itu adalah untuk melengkapi bukti-bukti dalam perkara tindak pidana korupsi.” tegas Asep.