Logo Bloomberg Technoz

Bankir Bank Investasi Kelas Dunia Terlibat Cuci Uang di Singapura

News
15 August 2024 16:10

Wang Qiming meninggalkan Pengadilan Negeri di Singapura pada 15 Agustus. (Dok: Bloomberg)
Wang Qiming meninggalkan Pengadilan Negeri di Singapura pada 15 Agustus. (Dok: Bloomberg)

Low De Wei dan Chanyaporn Chanjaroen - Bloomberg News

Bloomberg, Singapura mendakwa dua mantan manajer hubungan bank yang terlibat dalam kasus pencucian uang terbesar di negara tersebut, yang menandai tindakan kriminal pertamanya terhadap para profesional keuangan dalam skandal senilai S$3 miliar (US$2,3 miliar).

Wang Qiming, warga negara China berusia 26 tahun, didakwa dengan 10 dakwaan termasuk pemalsuan dokumen dengan tujuan menipu bank, menurut surat dakwaan yang dibacakan di pengadilan negeri setempat pada Kamis (15/8/2024). Ia pernah bekerja di Citibank Singapore Ltd, menurut catatan Otoritas Moneter Singapura.

Liu Kai, pria berusia 35 tahun yang sebelumnya bekerja di Bank Julius Baer & Co, dituduh membantu salah satu pelaku pencucian uang yang saat ini telah divonis bersalah untuk menyerahkan dokumen pajak China yang dipalsukan untuk membuka rekening bank di Swiss.

Tuduhan tersebut dibacakan dalam bahasa Mandarin untuk kedua pria tersebut. Liu, yang juga warga negara China, memiliki izin tinggal permanen di Singapura, menurut dakwaannya. Mereka menolak berkomentar setelah sidang.