Logo Bloomberg Technoz

Respons PB IDI Terkait Kasus Dokter Muda Undip Diduga Bunuh Diri

Dinda Decembria
15 August 2024 15:40

Ilustrasi dokter. (Hannah McKay/Reuters/Bloomberg)
Ilustrasi dokter. (Hannah McKay/Reuters/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT menekankan pentingnya dukungan kesehatan mental selama pendidikan dokter. 

Hal ini merujuk atas wafatnya Dr Aulia Risma Lestari, mahasiswi Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang yang diduga bunuh diri karena mendapat bullying (perundungan) selama kegiatan pendidikan tersebut.

"Kami mendorong pembentukan Pusat Trauma dan evaluasi kesehatan mental secara berkala untuk memastikan bahwa mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan kedokteran dan spesialis menerima perawatan dan dukungan yang diperlukan," kata Dr Adib dalam keterangan press rilis yang diterima, Kamis (15/8).

Di sisi lain, dokter Adib juga menyampaikan duka cita mendalam atas wafatnya Dr Aulia Risma Lestari. Selain itu PB IDI menghormati proses penyelidikan yang masih berlangsung oleh aparat yang berwenang. 

PB IDI juga meminta agar masyarakat tidak membuat spekulasi apa pun tentang penyebab insiden tersebut hingga penyelidikan selesai.