Logo Bloomberg Technoz

Sekutu Thaksin Muncul Jadi Calon Terdepan untuk Pimpin Thailand

News
15 August 2024 14:00

Mantan menteri hukum Thailand, Chaikasem Nitisiri, 75 tahun. (Dok: Bloomberg)
Mantan menteri hukum Thailand, Chaikasem Nitisiri, 75 tahun. (Dok: Bloomberg)

Patpicha Tanakasempipat - Bloomberg News

Bloomberg, Partai-partai politik Thailand akan mengadakan pembicaraan untuk membangun konsensus di sekitar loyalis lama Thaksin Shinawatra sebagai perdana menteri berikutnya menjelang pertemuan parlemen pada Jumat (16/8/2024) untuk memilih pemimpin baru.

Koalisi multi-partai yang dipimpin oleh Pheu Thai, yang didukung Thaksin, akan mendiskusikan calon bersama dan strateginya menjelang pemungutan suara, menurut juru bicara partai tersebut, Chanin Rungthanakiat.

Para eksekutif puncak Pheu Thai akan bertemu secara terpisah pada sore hari untuk mendukung calon perdana menteri mereka, Sekretaris Jenderal Sorawong Thienthong mengatakan kepada para wartawan setelah pertemuan para anggota parlemen pada Kamis (15/8/2024) dini hari.

Mantan menteri hukum Chaikasem Nitisiri, 75 tahun, akan dicalonkan sebagai calon perdana menteri yang baru oleh partai Pheu Thai, partai terbesar dalam koalisi dan partai terbesar kedua dalam parlemen, demikian laporan surat kabar Thailand, Thairath, pada Rabu. Putri Thaksin yang berusia 37 tahun, Paetongtarn Shinawatra, juga memenuhi syarat untuk menduduki jabatan tersebut.