Logo Bloomberg Technoz

ASN di IKN Kerja Shared Offices, Satu Tower Bisa Diisi 8 Menteri

Redaksi
15 August 2024 13:50

Presiden Jokowi meresmikan Plaza Seremoni Sumbu Kebangsaan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara (IKN), Rabu (14/8/2024). (Dok. PUPR)
Presiden Jokowi meresmikan Plaza Seremoni Sumbu Kebangsaan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara (IKN), Rabu (14/8/2024). (Dok. PUPR)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kemenpan RB mengungkapkan skema kerja ASN di IKN Nusantara akan menggunakan model shared offices. Skema ini memungkinkan satu ruangan akan diisi banyak ASN lintas kementerian.

Menpan RB, Azwar Anas mengatakan shared offices digunakan pemerintah di IKN untuk meningkatkan koordinasi dan kolaborasi antar-instansi pemerintah. Dia menjelaskan, satu gedung kantor atau bahkan satu lantai yang sama akan terdapat beberapa instansi pemerintah antar-rumpun kementerian/lembaga. 

Ruang kerja bersama tersebut, kata dia, terbagi menjadi empat gedung kementerian koordinator.

"Kalau ke Australia, Selandia Baru, banyak negara kalau mau bertemu menteri paling satu lantai, menteri di gedung itu apalagi parlementer. Cuma di kita kan tidak terbiasa padahal di banyak negara terutama yang parlementer itu menteri-menterinya di satu gedung, beda lantai saja," ungkap Azwar kepada wartawan, Kamis (15/8/2024).

"Jadi, misalnya, saya ke Australia mau bertemu tiga menteri, ya di situ di lantai 1, lantai 2. Jadi, ini sebenarnya sudah jamak yang terjadi di banyak negara, cuma kita tidak terpikir, wah gedungnya bagaimana, kan tidak cukup," lanjut Menteri Azwar.

Skema di IKN