Logo Bloomberg Technoz

Pada saham-saham unggulan LQ45 juga tercatat dalam tren negatif. Adapun saham PT Indosat Tbk (ISAT) anjlok mencapai 3,68%, disusul oleh saham PT Jasa Marga Tbk (JSMR) ambles 3,18%, dan saham PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk (ACES) drop 1,99%.

Badan Pusat Statistik merilis data perdagangan internasional Indonesia periode Juli 2024. Impor RI melesat pada perdagangan Juli. Meski Neraca Dagang tetap terjaga surplus, ini merupakan surplus terendah sejak Mei 2023 atau lebih dari setahun.

Nilai Surplus Neraca Dagang RI pada Juli (Bloomberg)

BPS memaparkan, nilai ekspor Indonesia pada Juli ada di angka US$22,21 miliar. Dengan kenaikan 6,46% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy). 

Padahal, pencapaian ini lebih tinggi dibandingkan Juni yang tumbuh 1,17% yoy. Adapun konsensus Bloomberg memperkirakan pertumbuhan ekspor Juli di 3,7% yoy. Sementara dibandingkan bulan sebelumnya (month-to-month/mtm), ekspor ada kenaikan 6,55%.

Adapun impor Indonesia juga bertumbuh tinggi, melesat pada Juli. BPS mengumumkan nilai impor RI pada Juli tercatat US$21,74 miliar. Melesat 11,07% dibandingkan periode yang sama tahun lalu, lebih baik daripada perkiraan pasar sebelumnya.

Realisasi ini membaik dibandingkan dengan pencapaian pada Juni, di mana impor tumbuh 7,58%. Sementara konsensus Bloomberg memperkirakan impor akan terkontraksi (tumbuh negatif) 1,4% yoy.

Dibandingkan Juni (month-to-month/mtm), impor juga melejit 17,82%.

Dengan demikian, Neraca Perdagangan Indonesia pada Juli mengalami surplus US$0,47 miliar, atau sejumlah US$472 juta.

Yang jadi sentimen dan tekanan bagi IHSG, surplusnya Neraca Dagang RI lebih rendah dibandingkan dengan surplus pada bulan-bulan lalu.

Sebagai gambaran, pada Juli 2024 RI mengalami surplus mencapai US$2,39 miliar. Sedangkan pada Mei 2024, Neraca Dagang Indonesia surplus mencapai US$2,93 miliar.

Neraca Perdagangan telah membukukan surplus selama 51 bulan berturut-turut. Kali Neraca Perdagangan RI mengalami defisit adalah pada April 2020 silam. Dalam 20 tahun, ini adalah rangkaian surplus terpanjang kedua.

(fad)

No more pages