Logo Bloomberg Technoz

Pengamat Prediksi Langkah Bahlil Akan Mulus jadi Ketum Golkar

Mis Fransiska Dewi
15 August 2024 11:35

Ilustrasi Bahlil Lahadalia (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Bahlil Lahadalia (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Eksekutif Algoritma Research and Consulting Aditya Perdana menilai, langkah Bahlil Lahadalia untuk menjadi Ketua Umum Golkar pada Musyawarah Nasional Ke-11, 20 Agustus 2024 akan berjalan mulus. Dia menilai, sejumlah nama kuat di partai berlambang pohon beringin tersebut telah memberi sinyal tak akan bersaing dengan menteri investasi pada kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut.

Hal ini termasuk mundurnya pelaksana tugas Ketua Umum Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita dari bursa calon ketua umum definitif. Padahal, menteri perindustrian tersebut memiliki pengalaman panjang di internal partai. Dia dinilai mampu dengan mudah mengumpulkan dukungan dari kader dan pengurus di tingkat pusat hingga daerah.

“Agenda setting yang disiapkan kan Bahlil, yang disiapkan oleh Pak Jokowi dan juga Pak Prabowo. Sehingga menurut saya kalau mau mulus agenda setting itu maka nggak perlu ada pergerakan, nggak perlu ada manuver,” kata Aditya saat dihubungi, Kamis (15/8/2024). 

Meski tak maju pada bursa calon, penempatan Agus Gumiwang pada plt ketua umum juga menentukan rencana kemenangan Bahlil Lahadalia. Dalam kurun sekitar satu pekan, dia menilai, Agus Gumiwang diminta memastikan tak adanya riak-riak menjelang pelaksanaan Munas, termasuk penolakan terhadap Bahlil.

Ambisi Bahlil yang juga kader Golkar untuk memimpin partai berlambang pohon beringin itu sejatinya sudah terendus lama. Tahun lalu, misalnya, ketika isu Munas Luar Biasa (Munaslub) Golkar berembus, namanya juga muncul. Ia bahkan telah bergerak menggalang dukungan dari pengurus daerah Golkar.