Logo Bloomberg Technoz

Didominasi BUMN

BMI memproyeksikan badan usaha milik negara (BUMN) migas bakal berada di garis terdepan untuk investasi dalam energi terbarukan dan rendah karbon, sementara keterlibatan sektor swasta masih relatif terbatas.  

Namun, BMI mengamati peningkatan investasi dalam pembangkitan listrik dari sumber terbarukan, seperti tenaga surya dan angin, karena BUMN dan swasta melakukan diversifikasi ke area bisnis baru di luar operasi migas tradisional.

Di sektor hilir, investasi ladang baru atau greenfield yang signifikan diproyeksikan terjadi di China Daratan dan India.

Sementara itu, investasi tambahan dalam proyek penyulingan hilir di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Thailand, Malaysia, India, dan Brunei Darussalam, diantisipasi akan terbatas pada proyek perluasan dan peningkatan.

Dalam laporannya, BMI memproyeksikan capex gabungan 3 BUMN migas China diproyeksikan tumbuh tipis sebesar 1% secara tahunan atau year on year (yoy) menjadi US$45 miliar pada 2024.

Di antara tiga perusahaan minyak milik negara China, China National Offshore Oil Corporation (CNOOC) diperkirakan meningkatkan belanja modalnya secara signifikan hingga mendekati US$17 miliar pada 2024, sementara Sinopec dan PetroChina diperkirakan mempertahankan disiplin modal, berinvestasi pada operasi inti dan usaha energi baru.

PetroChina (Sumber: Bloomberg)

PetroChina menghabiskan capex sekitar US$38,8 miliar pada 2023, meningkat 0,4% yoy dari 2022. Sekitar 90,2% dari total belanja modal 2023 dihabiskan untuk eksplorasi, produksi, dan proyek energi baru.

Terakhir, pemain penyulingan dan petrokimia terbesar China, Sinopec, mengalami penurunan belanja modal sebesar 15% yoy menjadi US$2,9 miliar pada kuartal pertama 2024 dari US$3,4 miliar selama periode yang sama pada 2023.

Lebih dari 66% dari total capex, atau US$1,9 miliar, dihabiskan untuk kegiatan eksplorasi dan produksi. Menurut Sinopec, belanja modal terutama dialokasikan untuk perluasan kapasitas produksi minyak di ladang Jiyang dan Tahe, produksi gas alam di Sichuan Barat, serta pengembangan penyimpanan minyak dan gas.

(dov/wdh)

No more pages